Pengertian dari PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Pengertian
PTK menurut para ahli, sebagai berikut :
a. PTK
adalah penelitian yang mengombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan
substantif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri atau suatu
usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi sambil terlibat dalam
sebuah proses perbaikan dan perubahan (Hopkins,
1993 : 4 dalam Rochiati, 2008)
b. Rapoport (1970,
dalam Hopkins, 1993) mengartikan Penelitian tindakan kelas untuk membantu seseorang
dalam mengatasi secara praktis persoalan yang dihadapi dalam situasi darurat
dan membantu pencapaian tujuan ilmu sosial dengan kerjasama dalam kerangka
etika yang disepakati bersama.
c. Kemmis (1983)
menjelaskan bahwa Penelitian Tindakan adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif
yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu (termasuk
pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari (a) kegiatan
praktek sosial dan pendidikan mereka, (b) pemahaman mereka mengenai kegiatan-kegiatan
praktik pendidikan, dan (c) situasi yang memungkinkan terlaksananya kegiatan
praktik ini.
d. Menurut
Lewin (Tahir 2012:77), PTK merupakan
siasat guru dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan berkaca pada
pengalamannya sendiri atau dengan perbandingan dengan guru lain.
e. Bahri (2012:8),
menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan yang
dilaksanakan untuk mengamati kejadia-kejadian di dalam kelas untuk memperbaiki
praktek dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil
belajar pun menjadi lebih baik.
f. Menurut
Suyadi, 2012 : 18), PTK secara lebih
sistematis dibagi menjadi tiga kata, yaitu penelitian, tindakan, dan kelas.
penelitian yaitu kegiatan mengamati suatu objek tertentu dengan menggunakan
prosedur tertentu untuk menemukan data dengan tujuan meningkatkan mutu.
Sedangkan tindakan yaitu perlakuan yang dilakukan dengan sengaja dan terencana
dengan tujuan tertentu. Kelas adalah tempat di mana sekelompok peserta didik
menerima pelajaran dari guru yang sama.
g. Sanjaya, 2010:25,
mengemukakan bahwa secara bahasa ada tiga istilah yang berkaitan dengan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yakni penelitian, tindakan, dan kelas.
Pertama, penelitian adalah suatu perlakuan yang menggunakan metodologi untuk
memecahkan suatu masalah. Kedua, tindakan dapat diartikan sebagai perlakukan
yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki mutu. Ketiga, kelas menunjukkan pada
tempat berlangsungnya tindakan.
h. Menurut
Arikunto (Suyadi, 2012:18), PTK
adalah gabungan pengertian dari kata “penelitian, tindakan, dan kelas”.
penelitian adalah kegiatan mengamati suatu objek, dengan menggunakan kaidah
metodologi tertentu untuk mendapatkan data yang bermanfaat bagi peneliti dan
orang lain demi kepentingan bersama. Tindakan adalah suatu perlakuan yang
sengaja diterapkan kepada objek dengan tujuan tertentu yang dalam penerapannya
dirangkai menjadi beberapa periode atau siklus. Dan kelas adalah tempat di mana
sekelompok siswa belajar bersama dari seorang guru yang sama dalam periode yang
sama.
i. Ebbut (1985, dalam Hopkins,
1993), mengemukakan bahwa Penelitian tindakan adalah kajian sistematis dari
upaya perbaikan pelaksanaan praktik pendidikan oleh sekelompok guru dengan
melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran berdasarkan refleksi mereka
mengenai hasil dari tindakan-tindakan tersebut.
j. John Elliot (1991)
melihat penelitian tindakan sebagai kajian dari sebuah situasi sosial dengan
kemungkinan tindakan untuk memperbaiki kualitas situasi sosial tersebut.
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏