Model Pembelajaran Example Non Example
A. Pengertian Model Example Non Example
Model Example non Example adalah strategi pembelajaran yang
menggunakan media gambar dalam penyampaian materi pembelajaran yang bertujuan
mendorong siswa untuk belajar berfikir kritis dengan jalan memecahkan
permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang
disajikan.
Menurut Buehl (1996) dalam Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas.
Menurut Buehl (1996) dalam Apariani dkk, (2010:20) menjelaskan bahwa examples non examples adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Taktik ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri dari examples dan non examples dari suatu definisi konsep yang ada dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada. Examples memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan non examples memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas.
Model Pembelajaran Examples non Examples menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Media gambar merupakan salah satu
alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dapat membantu mendorong
siswa lebih melatih diri dalam mengembangkan pola pikirnya. Dengan menerapkan
media gambar diharapkan dalam pembelajaran dapat bermanfaat secara fungsional
bagi semua siswa. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran siswa diharapkan akan
aktif dan semangat untuk belajar.
Examples non examples merupakan
model pembelajaran dengan mempersiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai
materi bahan ajar dan kompetensi, sajian gambar ditempel atau memakai LCD/OHP,
dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian
gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi, dan
refleksi (Roestiyah. 2001: 73). Sementara itu, Slavin dalam Djamarah, (2006: 1) dijelaskan bahwa Examples Non Examples adalah model pembelajaran yang menggunakan contoh.
Contoh-contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan dengan
Kompetensi Dasar.
B. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Examples Non Examples
Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah model pembelajaran
Examples Non Examples, diantaranya :
1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Menurut (Agus Suprijono, 2009 : 125) Langkah – langkah model pembelajaran
Examples Non Examples, diantaranya :
1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Gambar-gambar yang digunakan tentunya merupakan gambar yang relevan dengan
materi yang dibahas sesuai dengan Kompetensi Dasar.
2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD/OHP/In Focus
Pada tahap ini Guru dapat meminta bantuan siswa untuk mempersiapkan gambar
dan membentuk kelompok siswa.
3. Guru memberi petunjuk dan kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan/
menganalisa gambar.
Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara
seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi
deskripsi tentang gambar yang diamati.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas.
Kertas yang digunakan sebaiknya disediakan guru.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
kelompok masing-masing.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
C. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
1. Kelebihan Model Pembelajaran Example Non Example
=========================
menganalisa gambar.
Peserta didik diberi waktu melihat dan menelaah gambar yang disajikan secara
seksama agar detil gambar dapat dipahami oleh peserta didik, dan guru juga memberi
deskripsi tentang gambar yang diamati.
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas.
Kertas yang digunakan sebaiknya disediakan guru.
5. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya.
dilatih peserta didik untuk menjelaskan hasil diskusi mereka melalui perwakilan
kelompok masing-masing.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai.
7. Guru dan peserta didik menyimpulkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.
C. Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Example Non Example
1. Kelebihan Model Pembelajaran Example Non Example
Menurut Buehl dalam (Apriani
dkk, 2007:219) mengemukakan
kelebihan Example
Non Example, antara lain :
a. Siswa berangkat dari
satu definisi yang selanjutnya digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya
dengan lebih mendalam dan lebih kompleks.
b. Siswa terlibat dalam
satu proses discovery (penemuan), yang mendorong mereka untuk membangun
konsep secara progresif melalui pengalaman dari example dan non
example.
c. Siswa diberi sesuatu
yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan
mempertimbangkan bagian non example yang dimungkinkan masih terdapat
beberapa bagian yang merupakan suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan
pada bagian example.
Keunggulan lainnya dalam model pembelajaran examples non
examples diantaranya :
a. Siswa lebih berfikir
kritis dalam menganalisa gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD)
b. Siswa mengetahui aplikasi
dari materi berupa contoh gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (KD)
c. Siswa diberi kesempata
mengemukakan pendapatnya yang mengenai analisis gambar yang relevan dengan
Kompetensi Dasar (KD)
2. Kekurangan
Model Pembelajaran Example Non Example
a. Tidak
semua materi dapat disajikan dalam bentuk gambar.
b. Memerlukan waktu yang lama.
b. Memerlukan waktu yang lama.
=========================
Apriani, Atik dan David Indrianto. Implementasi model pembelajaran examples non examples. FKIP PGMI.
IKIP PGRI SUMEDANG. 2010
Agus Suprijono.(2009).Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi.Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.
2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumber refrensinya dari buku apa yah kk????
ReplyDelete