Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

A. Pengertian Pembelajaran Kooperatif STAD(Student Team Achievement Divisio

Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisio (STAD) merupakan pembelajaran kooperatif yang sangat sederhana dan cocok digunakan oleh guru yang baru menerapkankan pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkins (slavin, 1995).

Di dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa diberi kesempatan untuk melakukan kolaborasi dan elaborasi dengan teman sebaya dalam bentuk diskusi kelompok untuk memecahkan suatu permasalahan. Siswa diikelompokkan secara heterogen menurut prestasi, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Di akhir pembelajaran, siswa diberi kuis yang dikerjakan secara mandiri tentang materi yang yang telah dipelajari bersama untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam belajar kelompok. Jadi, Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu jenis model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, yang menekankan pada keaktivan dan interaksi antar siswa untuk saling bekerjasama dalam menguasai materi pelajaran.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

1. Membentuk kelompok heterogen/campuran (menurut prestasi/kemampuan belajar, jenis 
    kelamin, suku) dengan jumlah anggota 4-5 orang.
2. Guru menyajikan pelajaran
    Guru memberi informasi kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, tujuan 
    pembelajaran, dan memotivasi siswa agar tertarik pada materi pelajaran.
3. Guru memberi tugas (LKS) kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
    Siswa saling membantu sesama anggota kelompok untuk memahami materi pelajaran
    atau tugas yang telah diberikan.
4. Guru memberi kuis atau pertanyaan kepada siswa.
    kuis tersebut dikerjakan secara mandiri oleh siswa.
5. Kesimpulan




 Langkah-langkah Proses Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD





No
Tahap
Tingkah Laku Guru
1.
Pendahuluan
a. Guru memberikan informasi kepada siswa tentang materi yang akan mereka pelajari, tujuan pembelajaran dan  pemberian motivasi agar siswa tertarik pada materi.
b.  Guru membentuk siswa kedalam kelompok yang sudah direncanakan.
c.   Mensosialisasikan kepada siswa tentang model pembelajaran yang digunakan dengan tujuan agar siswa mengenal dan memahamimya.
d. Guru memberikan apersepsi berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
2.
Pengembangan
a. Guru mendemonstrasikan konsep atau keterampilan   secara aktif dengan menggunakan alat bantu atau manipulatif lain.
b.    Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.
c. Siswa diberikan kesempatan untuk mendiskusikan LKS bersama kelompoknya.
d.  Guru memantau kerja dari tiap kelompok dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
3
Penerapan
a. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS dengan waktu yang ditentukan, siswa diharapkan bekerja secara mandiri.
b.  Hasil kerja siswa dikumpulkan untuk dinilai.



    C. Kelebihan dan kekurangan Pembelajaran Tipe STAD


     Setiap model pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut Roestiyah (2001 : 17), Keuntungan dan kelemahan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sebagai berikut :  
     a.     Keuntungan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
  1. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan keterampilan bertanya dan membahas suatu masalah.
  2. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk lebih intensif mengadakan penyelidikan mengenai suatu masalah.
  3. Dapat mengembangkan bakat kepemimpinan dan mengajarkan keterampilan berdiskusi
  4. Dapat memungkinkan guru untuk lebih memperhatikan siswa sebagai individu dan kebutuhan belajarnya
  5. Para siswa lebih aktif bergabung dengan pelajaran mereka dan mereka lebih aktif dalam berdiskusi
  6. Dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan rasa menghargai, menghormati pribadi temannya, dan menghargai pendapat temannya.
     b.     Kelemahan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
         Pembelajaran berkelompok hanya melibatkan siswa yang mampu memimpin 
        dan mengarahkan siswa yang kurang pandai, dan terkadang menuntut tempat dan 
        gaya  mengajar yang berbeda.
         

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik