OJL LK 03. Analisis Kasus Perkembangan Fisik dan Kesehatan



LK 03. Analisis Kasus Perkembangan Fisik dan Kesehatan 

Petunjuk Kegiatan
 1. Bekerjalah dalam kelompok dan lakukanlah curah pendapat mengenai kasus perkembangan fisik dan motorik peserta didik yang terjadi di kelas peserta diklat. Pastikan kasus tersebut termasuk dalam lingkup kajian perkembangan fisik dan motorik peserta didik. 
2. Pilihlah satu kasus melalui musyawarah, identifikasi masalahnya secara cermat, diskusikan dalam kelompok secara bersungguh-sungguh, usulkan alternatif solusi tepat dan kreatif, serta presentasikan hasil kegiatan secara prcaya di
KASUS :
Di kelas V SDN XXX ada satu orang peserta didik yang mengalami gangguan penglihatan. Peserta didik yang mengalami gangguan penglihatan menggunakan kaca mata dengan minus 0,75. Karena gangguan tersebut, dia sering lambat menyelesaikan tugas. Juga sering bertanya tentang tulisan yang ada di papan tulis.
Penanganan kasus:
a.       Saat perencanaan :
1.      Memahami dan mempelajari konsep perkembangan aspek fisik dan kesehatan peserta didik .
2.      Identifikasi keadaan fisik dan kesehatan peserta didik, antara lain melalui observasi, wawancara, angket, dan tes (tulisan atau tindakan).
3.      Konsultasi dengan guru bidang study dan kepala sekolah di kelas tersebut.
4.      Mengumpulkan informasi / data kondisi fisik dan kesehatan setiap peserta didik.
5.      Menganalisis hasil belajar siswa yang bersangkutan. Misalnya hasil belajar pada tingkat kelas sebelumnya.

b.        Saat pembelajaran peserta didik yang berperilaku agresif:
1.      Awal pembelajaran, perhatikan dan tanyakan kesehatan peserta didik
2.      Tempatkan peserta didik saat belajar di kursi paling depan.
3.      Berikan perhatian lebih, pendampingan saat belajar.
4.      Meminta teman-temannya yang di sekitar tempat duduk untuk membantunya.
5.      Gunakan tulisan yang lebih besar di papan tulis.
6.      Manfaatkan media pembelajaran , seperti gambar/ poster atau infokus.

c.       Saat di luar pembelajaran :
1.      Memberikan pembelajaran tambahan bagi peserta didik yang memiliki kendala untuk mencapai target kurikulum.
2.      Memberikan tugas di rumah untuk meningkatkan motorik halus, seperti menulis.
d.      Bekerjasama dengan orang tua.
1.      Mewawancarai ortu siswa tentang kegiatan atau kebiasaan anak di rumah yang terkait dengan kendala penglihatan yang dialaminya. Misalnya kebiasaannya saat nonton tv.


Comments

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik