Jurnal Kegiatan Mandiri pada On The Job Learning Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Moda Tatap Muka In-On-In
Jurnal
Kegiatan Mandiri pada On The Job Learning
Program
Pengembangan Keprofesian berkelanjutan
Moda
Tatap Muka In-On-In
Nama
peserta : IRAWATI, S. Pd
Sekolah : SD
NEGERI 012 NAUMBAI
Mata
pelajaran/paket keahlian : SD KELAS TINGGI
Kelompok
Kompetensi : A
Judul
Modul : PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN
Jenjang : SD
No
|
Hari/Tanggal
|
Esensi Materi dari Kegiatan
Pembelajaran
Yang Dipelajari
|
Aktivitas Pembelajaran / Lembar
Kerja yang Diselesaikan
|
1
|
Rabu/11-10-2017
|
Karakteristik
perkembangan fisik dan motorik peserta didik, cara mengidentifikasi kondisi
kesehatan fisik peserta didik, dan mengimplementasikan dalam pembelajaran
|
LK 03. Analisis Kasus
Perkembangan Fisik Dan Kesehatan ON
4
|
2
|
Kamis/12-10-2017
|
Perkembangan
Sosial dan Emosi anak usia SD, cara mengidentifikasi kecerdasan emosi dan
keterampilan sosial peserta didik .
|
LK.04.
Analisis Kasus Perkembangan Sosial dan Kecerdasan Emosi ON 5
|
3
|
Minggu/15-10-2017
|
Perkembangan
moral dan kecerdasan spiritual peserta didik. Cara mengidentifikasi perilaku
moral dan kecerdasan spiritual peserta didik dan mengimplementasikan dalam
pembelajaran.
|
LK.05.
Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual , ON 6.
|
4
|
Minggu/15-10-2017
|
Perkembangan sikap dan kebiasaan
belajar peserta didik
|
LK.06.
Analisis Kasus Perkembangan Sikap dan Kebiasaan Belajar ON 7
|
5
|
Senin/16-10-2017
|
Identifikasi kemampuan awal dan
kesulitan belajar peserta didik
|
LK.07.
Analisis Kasus Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar TM, ON
|
6
|
Selasa/17-10-2017
|
Penggunaan
bahasa Indonesia baku dan non baku, ciri struktur bahasa Indonesia baku
|
LK 1.3 Bentuk baku dan Nonbaku On
4
|
7
|
Selasa/17-10-2017
|
Pembagian
ragam bahasa berdasarkan subdimensi pemakaian, media dan sarananya, dan
penuturannya.
|
LK
1.4 Ragam Bahasa On 5.
|
8
|
Rabu/18-10-2017
|
Tahap-tahap
permulaan pemerolehan bahasa, pemerolehan bahasa secara hirarkis, periode
perkembangan pemerolehan bahasa pertama.
|
LK 2.3Laporan Tahap-tahap Pemerolehan
Bahasa Anak On 8
|
9
|
Rabu/18-10-2017
|
faktor-faktor
yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak (biologis, lingkungan sosial,
intelegensi, motivasi)
|
LK
2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Anak On 9.
|
10
|
Rabu/18-10-2017
|
Kelas Kata
terdiri dari nomina/kata benda, verb/ kata kerja, Adjektiva/kata sifat, dan
kata tugas.
|
LK
3.3 Kelas Kata On 12.
|
11
|
Kamis/19-10-2017
|
Kohesi dan
koherensi dalam wacana (pengertian dan contohnya)
|
LK
3.4 Wacana On 13.
|
12
|
Kamis/19-10-2017
|
Pengertian dan
contoh sinonim, antonim, homonim, polisemi, dan hiponim.
|
LK
4.3 Pertalian Makna On
|
13
|
Jumat/20-10-2017
|
Pengertian dan
contoh generalisasi, spesialisasi, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan
asosiasi.
|
LK
4.4 Perubahan Makna On 17.
|
14
|
Jumat/20-10-2017
|
Pengertian dan
contoh idiom, pameo, dan peribahasa.
|
LK
4.5 Idiom, Pameo, dan Peribahasa On 18
|
15
|
Sabtu/21-10-2017
|
Pengertian dan
contoh Karangan Deskripsi dan Argumentasi
|
LK
5.3 Karangan Deskripsi dan Argumentasi On 21.
|
16
|
Sabtu/21-10-2017
|
Penerapan
Materi Keterampilan Berbicara di SD kelas tinggi yaitu wawancara dan diskusi.
|
LK
5.4 Penerapan Materi Keterampilan Berbicara On 22.
|
17
|
Minggu/22-10-2017
|
Unsur
Intrinsik Prosa: tema, plot/alur, tokoh, latar, sudut pandang, bahasa, dan
amanat.
|
LK
6.3 Unsur Intrinsik Prosa On 25.
|
18
|
Minggu/22-10-2017
|
Cara Mengubah Teks Puisi ke dalam
Teks Prosa
|
LK
6.4 Mengubah Teks Puisi ke dalam Teks Prosa On 26
|
19
|
Minggu/22-10-2017
|
Penilaian
Berbasis Kelas (penilaian proses dan hasil belajar)
|
LK
7.1 Penilaian Berbasis Kelas TM, On
|
Materi
esensial yang sulit menurut saya pada modul ini adalah
Perubahan
makna (generalisasi, spesialisasi, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan
asosiasi)
Penilaian
Berbasis Kelas
|
Mengetahui
Naumbai, Oktober 2017
Kepala SDN
012 Naumbai Peserta
ALI AZHAR, S. Pd IRAWATI, S. Pd
Nip:
19700612 1991031 008 Nip
: 1983
Jurnal
Kegiatan Mandiri Pada On The Job Learning
Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Moda
Tatap Muka In-On-In
Nama
peserta : IRAWATI,
S. Pd
Sekolah : SD NEGERI 012 NAUMBAI
Mata
pelajaran/Paket Keahlian : SD KELAS TINGGI
Kelompok
Kompetensi : I
Judul
Modul : PENGEMBANGAN
KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Jenjang : SD
No
|
Hari/Tanggal
|
Esensi Materi dari Kegiatan
Pembelajaran
Yang Dipelajari
|
Aktivitas Pembelajan / Lembar
Kerja yang Diselesaikan
|
1
|
Rabu /11-10-2017
|
Karakteristik Dan Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn,
Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
|
LK
0.1 Pemahaman Karakteristik Dan Ruang
Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
|
2
|
Kamis/12-10-2017
|
Pemanfaatan fasilitas drawing
pada Ms. Word untuk menggambar bangun datar dan bangun ruang (lingkaran,
tabung, dan limas)
|
LK 1.5 Pemanfaatan fasilitas
drawing
|
3
|
Jumat/13-10-2017
|
Pemanfaatan
PowerPoint untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
|
LK 2.1.b
Powerpoint Untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
|
4
|
Sabtu/14-10-2017
|
Mengkonstruksi Persegi Panjang
Menggunakan Geogebra
|
Lk 2.3
Mengkonstruksi Persegi Panjang Menggunakan Geogebra
|
5
|
Minggu/15-10-2017
|
Menganalisis
Keterkaitan KD dalam satu tema
|
Lk 0.2 Analisis
Keterkaitan KD dalam satu tema
|
6
|
Senin/16-10-2017
|
Pembuatan
bahan pembelajaran Tematik
|
Lk 0.3 Pembuatan
bahan pembelajaran Tematik
|
Materi
esensial yang sulit menurut saya pada modul ini adalah
ΓΌ Menganalisis
keterkaitan KD dalam satu Tema
ΓΌ Membuat
bahan pembelajaran tematik
|
Mengetahui
Naumbai, Oktober 2017
Kepala SDN
012 Naumbai Peserta
ALI
AZHAR, S. Pd IRAWATI, S. Pd
Nip:
19700612 1991031 008 Nip
: 19830....
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan πππ