Jurnal Kegiatan Mandiri pada On The Job Learning Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan Moda Tatap Muka In-On-In



Jurnal Kegiatan Mandiri pada On The Job Learning
Program Pengembangan Keprofesian berkelanjutan
Moda Tatap Muka In-On-In

Nama peserta                                      :     IRAWATI, S. Pd
Sekolah                                               :    SD NEGERI 012 NAUMBAI
Mata pelajaran/paket keahlian             :     SD KELAS TINGGI
Kelompok Kompetensi                       :     A  
Judul Modul                                       :     PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Jenjang                                                :     SD
No
Hari/Tanggal
Esensi Materi dari Kegiatan Pembelajaran
Yang Dipelajari
Aktivitas Pembelajaran / Lembar Kerja  yang Diselesaikan
1
Rabu/11-10-2017
Karakteristik perkembangan fisik dan motorik peserta didik, cara mengidentifikasi kondisi kesehatan fisik peserta didik, dan mengimplementasikan dalam pembelajaran
LK 03. Analisis Kasus Perkembangan Fisik Dan Kesehatan ON  4
2
Kamis/12-10-2017
Perkembangan Sosial dan Emosi anak usia SD, cara mengidentifikasi kecerdasan emosi dan keterampilan sosial peserta didik .
LK.04. Analisis Kasus Perkembangan Sosial dan Kecerdasan Emosi  ON 5
3
Minggu/15-10-2017
Perkembangan moral dan kecerdasan spiritual peserta didik. Cara mengidentifikasi perilaku moral dan kecerdasan spiritual peserta didik dan mengimplementasikan dalam pembelajaran.
LK.05. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual  , ON 6.
4
Minggu/15-10-2017
Perkembangan sikap dan kebiasaan belajar peserta didik
LK.06. Analisis Kasus Perkembangan Sikap dan Kebiasaan Belajar  ON 7
5
Senin/16-10-2017
Identifikasi kemampuan awal dan kesulitan belajar peserta didik
LK.07. Analisis Kasus Kemampuan Awal dan Kesulitan Belajar  TM, ON
6
Selasa/17-10-2017
Penggunaan bahasa Indonesia baku dan non baku, ciri struktur bahasa Indonesia baku
LK 1.3 Bentuk baku dan Nonbaku On 4
7
Selasa/17-10-2017
Pembagian ragam bahasa berdasarkan subdimensi pemakaian, media dan sarananya, dan penuturannya.
LK 1.4 Ragam Bahasa On 5.
8
Rabu/18-10-2017
Tahap-tahap permulaan pemerolehan bahasa, pemerolehan bahasa secara hirarkis, periode perkembangan pemerolehan bahasa pertama.
LK 2.3Laporan Tahap-tahap Pemerolehan Bahasa Anak On 8
9
Rabu/18-10-2017
faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak (biologis, lingkungan sosial, intelegensi, motivasi)
LK 2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Anak On 9.
10
Rabu/18-10-2017
Kelas Kata terdiri dari nomina/kata benda, verb/ kata kerja, Adjektiva/kata sifat, dan kata tugas.
LK 3.3 Kelas Kata On 12.
11
Kamis/19-10-2017
Kohesi dan koherensi dalam wacana (pengertian dan contohnya)
LK 3.4 Wacana On 13.
12
Kamis/19-10-2017
Pengertian dan contoh sinonim, antonim, homonim, polisemi, dan hiponim.
LK 4.3 Pertalian Makna On
13
Jumat/20-10-2017
Pengertian dan contoh generalisasi, spesialisasi, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi.
LK 4.4 Perubahan Makna On 17. 
14
Jumat/20-10-2017
Pengertian dan contoh idiom, pameo, dan peribahasa.
LK 4.5 Idiom, Pameo, dan Peribahasa On 18
15
Sabtu/21-10-2017
Pengertian dan contoh Karangan Deskripsi dan Argumentasi
LK 5.3 Karangan Deskripsi dan Argumentasi On 21.
16
Sabtu/21-10-2017
Penerapan Materi Keterampilan Berbicara di SD kelas tinggi yaitu wawancara dan diskusi.
LK 5.4 Penerapan Materi Keterampilan Berbicara On 22.
17
Minggu/22-10-2017
Unsur Intrinsik Prosa: tema, plot/alur, tokoh, latar, sudut pandang, bahasa, dan amanat.
LK 6.3 Unsur Intrinsik Prosa On 25.
18
Minggu/22-10-2017
Cara Mengubah Teks Puisi ke dalam Teks Prosa
LK 6.4 Mengubah Teks Puisi ke dalam Teks Prosa On 26
19
Minggu/22-10-2017
Penilaian Berbasis Kelas (penilaian proses dan hasil belajar)
LK 7.1 Penilaian Berbasis Kelas TM, On
Materi esensial yang sulit menurut saya pada modul ini adalah
Perubahan makna (generalisasi, spesialisasi, ameliorasi, peyorasi, sinestesia, dan asosiasi)
Penilaian Berbasis Kelas


                                               Mengetahui                                                                                 Naumbai,  Oktober 2017
                                      Kepala SDN 012 Naumbai                                                                                              Peserta


                                           ALI AZHAR, S. Pd                                                                                 IRAWATI, S. Pd
                                      Nip: 19700612 1991031 008                                                       Nip : 1983


Jurnal Kegiatan Mandiri Pada On The Job Learning
Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Moda Tatap Muka In-On-In

Nama peserta                                         :     IRAWATI, S. Pd
Sekolah                                                  :     SD NEGERI 012 NAUMBAI
Mata pelajaran/Paket Keahlian              :     SD KELAS TINGGI
Kelompok Kompetensi                          :     I
Judul Modul                                          :     PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
Jenjang                                                   :     SD

No
Hari/Tanggal
Esensi Materi dari Kegiatan Pembelajaran
Yang Dipelajari
Aktivitas Pembelajan / Lembar Kerja  yang Diselesaikan
1
Rabu /11-10-2017
Karakteristik Dan  Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
LK 0.1 Pemahaman Karakteristik Dan  Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2
Kamis/12-10-2017
Pemanfaatan fasilitas drawing pada Ms. Word untuk menggambar bangun datar dan bangun ruang (lingkaran, tabung, dan limas)
LK 1.5 Pemanfaatan fasilitas drawing
3
Jumat/13-10-2017
Pemanfaatan PowerPoint untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
LK 2.1.b Powerpoint Untuk Penanaman Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
4
Sabtu/14-10-2017
Mengkonstruksi Persegi Panjang Menggunakan Geogebra
Lk 2.3 Mengkonstruksi Persegi Panjang Menggunakan Geogebra
5
Minggu/15-10-2017
Menganalisis Keterkaitan KD dalam satu tema
Lk 0.2 Analisis Keterkaitan KD dalam satu tema
6
Senin/16-10-2017
Pembuatan bahan pembelajaran Tematik
Lk 0.3 Pembuatan bahan pembelajaran Tematik
Materi esensial yang sulit menurut saya pada modul ini adalah
ΓΌ  Menganalisis keterkaitan KD dalam satu Tema
ΓΌ  Membuat bahan pembelajaran tematik



                                                 Mengetahui                                                                               Naumbai,  Oktober 2017
                                      Kepala SDN 012 Naumbai                                                                                              Peserta


                                           ALI AZHAR, S. Pd                                                                                 IRAWATI, S. Pd
                                      Nip: 19700612 1991031 008                                                       Nip : 19830....


                                     



Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik