CONTOH RPP K-13 KELAS 4 SEMESTER 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN 012 NAUMBAI
Kelas/semester : IV/1
Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku (1
)
Sub Tema :
Keberagaman Dalam Kebersamaan ( 2
)
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi
dasar
3.2
Menguraikan kosakata dankonsep tentang keragamanbenda berdasarkan bentukdan
wujudnya dalambahasa Indonesia ataubahasa daerah melalui tekstulis, lisan,
visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaankosakata Bahasa Indonesiayang tepat atau bahasadaerah hasil pengamatantentang keragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam bentukteks tulis, lisan, dan visual
4.2 Melaporkan penggunaankosakata Bahasa Indonesiayang tepat atau bahasadaerah hasil pengamatantentang keragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam bentukteks tulis, lisan, dan visual
Indikator:
3.2.1 menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan,
4.2.1 mencatat
isi teks pendek yang dibacakan.
IPA
Kompetensi dasar
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan
agama yang dianut dalam kehidupan seharihari di sekolah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Indikator:
4,1,1
melakukan pengamatansederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
dengan benar.
4.2.2 mengelompokkan
keragamanbenda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya dengan benar.
3,2,2
mengidentifikasi berbagai sikap yangmematuhi dan tidak mematuhi aturan dengan
benar.
4,4,2mensimulasikan
kegiatan sesuaiaturan dengan benar.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
2. Setelah membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan
pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan
tepat.
3. Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi
dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.
4. Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang proses
terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan
sistematis.
5. Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman
sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas
bangsa Indonesia dengan sistematis.
6. Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan
pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai
identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
D. Materi Pembelajaran
1. teks pendek yang dibacakan
2. Sifat bunyi d.n keterkaitannya dengan panca indra
3.
keragamansosial,
ekonomi, budaya,etnis dan agama di provinsisetempat sebagai identitasbangsa
Indonesia
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian
Sikap
b. Penilaian
Pengetahuan: Tes Tertulis
c. Penilaian
Keterampilan: Unjuk Kerja
1. Bentuk instrumen dan instrumen
1.
Penilaian Sikap
Nilai Karakter yang Dikembangkan: Disiplin
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah laku
|
|||||||||||
Cermat
|
Percaya
Diri
|
Bertanggungjawab
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
BT : Belum Terlihat
2.
MT : Mulai Terlihat
3.
MB : Mulai Berkembang
4.
SM : Sudah Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
Bahasa Indonesia
Isilah pernyataan di bawah ini.
1. Bacalah
sebuah teks yang kamu suka dari salah satu buku di perpuskataan!
2. Tuliskan
kalimat pokok pada setiap paragrafnya!
3.
Tuliskan kalimat pendukung untuk masing-masing
paragraph.
Kunci jawaban disesuai dengan
yang dibaca siswa
Pensekoran
Setiap soal diberi rentang
nilai 100.
Nilai Akhir=Skor yang diperolehx100
300
IPA
silah titik - titik dibawah
ini dengan percaya diri!
1. Salah satunya adalah kita diberi indera pendengar yang disebut …….
2. Semua bunyi berasal dari benda yang………
3. Getaran bunyi mengenai ……….. telinga yang berupa selembar kulit tipis.
4. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar maka terdngarlah ……..
5. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga
tengahmu dan diubah menjadi ……….di telinga dalammu.
Kunci jawaban
1.
telinga(skor 20)
2.
bergetar(skor 20)
3.
gendang(skor 20)
4.
aliran
listrik(skor
20)
Nilai Akhir=Skor yang diperolehx100
100
Bahasa
IPS
1. Tulislah berbagai
perbedaan yang dimiliki temanmu dalam satu kelas!
2. Apa yang kamu
lakukan jika pada saat akan bermain, temanmu lagi melaksanakan sholat!.
3. Tulislah terita
singkat pengalaman yang kamu alami ketika melakukan satu kegiatan yang berbeda
suku!
Kunci jawaban
Disesuaikan dengan jawaban siswa
Skor
penilaian .
Setiap
soal bernilai 100.
Nilai Akhir=Skor yang diperolehx100
300
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏