OJL LK 01. Pemahaman Karakteristik Dan Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)



AssalamualaikumWr. Wb 
Hey sobat semua.. Kali ini admin akan berbagi tentang tugas LK pada On The Job Learning PKB.
Sebenarnya ini hasil tugas Admin sebagai peserta diklat moda In-On-In PKB yaitu mengerjakan lembar kerja ON. Berhubung udah kelar, yah  diposting aja di blog ane yang tercinta ini (hehe..). Silahkan di baca-baca yah...
 
LK 01. Pemahaman Karakteristik Dan  Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS) 

No
Mata Pelajaran
Deskripsi Ruang Lingkup
Penerapan karakter yang bisa disisipkan
1
PPKn
(1) Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa diperankan dan dimaknai sebagai entitas inti yang menjadi sumber rujukan dan kriteria keberhasilan pencapaian tingkat kompetensi dan pengorganisasian dari keseluruhan ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) substansi dan jiwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia ditempatkan sebagai bagian integral dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menjadi wahana psikologis-pedagogis pembangunan warganegara Indonesia yang berkarakter Pancasila.
Religius(toleransi, cinta damai, menghargai perbedaan)integritas (kejujuran, cinta pada kebenaran,keteladanan), nasionalis(taat hokum,disiplin), gotongroyong(musyawarah mufakat)
2
Bahasa Indonesia

komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut :
1) Mendengarkan
2) Berbicara
3) Membaca
4) Menulis.

.


Nasionalis(cinta tanah air,penghargaan yang tinggi terhadap bahasa)
3
Matematika

a) bilangan
b) geometri dan pengukuran
c) pengolahan data.


Nasionalis (unggul dan berprestasi)
Mandiri(etos kerja)
4
IPA
1) Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
2) Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
3) Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana
4) Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.


Nasionalis (menjaga lingkungan)
mandiri
5
IPS
1) Pengetahuan: tentang kehidupan masyarakat di sekitarnya, bangsa, dan umat manusia dalam berbagai aspek kehidupan dan lingkungannya.
2) Keterampilan: berpikir logis dan kritis, membaca, belajar (learning skills, inquiry), memecahkan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama dalam kehidupan bermasyarakat-berbangsa.
3) Nilai: nilai-nilai kejujuran, kerja keras, sosial, budaya, kebangsaan, cinta damai, dan kemanusiaan serta kepribadian yang didasarkan pada nilai-nilai tersebut
4) Sikap: rasa ingin tahu, mandiri, menghargai prestasi, kompetitif, kreatif dan inovatif, dan bertanggungjawab
Materi IPS mencakup kehidupan manusia dalam:
1) Tempat dan Lingkungan
2) Waktu Perubahan dan Keberlanjutan
3) Organisasi dan Sistem Sosial
4) Organisasi dan Nilai Budaya
5) Kehidupan dan Sistem Ekonomi
6) Komunikasi dan Teknologi


Integritas (aktif terlibat dalam kegiatan sosial, bertanggung jawab), gotong royong, nasionalis, mandiri
6
Seni Budaya
1)Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2) Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
3) Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
4)Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
5) Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
6) Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.



Mandiri (kreatif)
Gotong royong (menghargai, kerjasama)

7
PJOK
1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2) Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3) Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4) Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5) Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6) Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
7) berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
8) Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

Mandiri
Gotong royong

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik