OJL LK 01. Pemahaman Karakteristik Dan Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
AssalamualaikumWr. Wb
Hey sobat semua.. Kali ini admin akan berbagi tentang tugas LK pada On The Job Learning PKB.
Sebenarnya ini hasil tugas Admin sebagai peserta diklat moda In-On-In PKB yaitu mengerjakan lembar kerja ON. Berhubung udah kelar, yah diposting aja di blog ane yang tercinta ini (hehe..). Silahkan di baca-baca yah...
LK 01. Pemahaman Karakteristik Dan Ruang Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn,
Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
No
|
Mata
Pelajaran
|
Deskripsi
Ruang Lingkup
|
Penerapan
karakter yang bisa disisipkan
|
1
|
PPKn
|
(1)
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa diperankan dan
dimaknai sebagai entitas inti yang menjadi sumber rujukan dan kriteria
keberhasilan pencapaian tingkat kompetensi dan pengorganisasian dari
keseluruhan ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;
(2) substansi dan jiwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945, nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen Negara Kesatuan
Republik Indonesia ditempatkan sebagai bagian integral dari Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, yang menjadi wahana psikologis-pedagogis
pembangunan warganegara Indonesia yang berkarakter Pancasila.
|
Religius(toleransi,
cinta damai, menghargai perbedaan)integritas (kejujuran, cinta pada
kebenaran,keteladanan), nasionalis(taat hokum,disiplin), gotongroyong(musyawarah
mufakat)
|
2
|
Bahasa
Indonesia
|
komponen
kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai
berikut :
1)
Mendengarkan
2)
Berbicara
3)
Membaca
4)
Menulis.
.
|
Nasionalis(cinta
tanah air,penghargaan yang tinggi terhadap bahasa)
|
3
|
Matematika
|
a)
bilangan
b)
geometri dan pengukuran
c)
pengolahan data.
|
Nasionalis
(unggul dan berprestasi)
Mandiri(etos
kerja)
|
4
|
IPA
|
1)
Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan
interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan
2)
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas
3)
Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya
dan pesawat sederhana
4) Bumi
dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit
lainnya.
|
Nasionalis
(menjaga lingkungan)
mandiri
|
5
|
IPS
|
1)
Pengetahuan: tentang kehidupan masyarakat di sekitarnya, bangsa, dan umat
manusia dalam berbagai aspek kehidupan dan lingkungannya.
2)
Keterampilan: berpikir logis dan kritis, membaca, belajar (learning skills,
inquiry), memecahkan masalah, berkomunikasi dan bekerjasama dalam kehidupan
bermasyarakat-berbangsa.
3)
Nilai: nilai-nilai kejujuran, kerja keras, sosial, budaya, kebangsaan, cinta
damai, dan kemanusiaan serta kepribadian yang didasarkan pada nilai-nilai
tersebut
4)
Sikap: rasa ingin tahu, mandiri, menghargai prestasi, kompetitif, kreatif dan
inovatif, dan bertanggungjawab
Materi
IPS mencakup kehidupan manusia dalam:
1)
Tempat dan Lingkungan
2) Waktu
Perubahan dan Keberlanjutan
3)
Organisasi dan Sistem Sosial
4)
Organisasi dan Nilai Budaya
5)
Kehidupan dan Sistem Ekonomi
6)
Komunikasi dan Teknologi
|
Integritas
(aktif terlibat dalam kegiatan sosial, bertanggung jawab), gotong royong, nasionalis,
mandiri
|
6
|
Seni
Budaya
|
1)Seni
rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya
seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2) Seni
musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik,
apresiasi karya musik
3) Seni
tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa
rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
4)Seni
drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni
tari dan peran
5)
Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang
meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional
dan keterampilan akademik.
6) Di
antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang
seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang
tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari
satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni
yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI, mata pelajaran Keterampilan
ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
|
Mandiri
(kreatif)
Gotong
royong (menghargai, kerjasama)
|
7
|
PJOK
|
1.
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi
gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti,
rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis
lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2)
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran
jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3)
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat,
ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4) Aktivitas
ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta
aktivitas lainnya
5)
Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan
bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya
6)
Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan,
7)
berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
8)
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-
hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat
lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan
merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam
kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara
implisit masuk ke dalam semua aspek.
|
Mandiri
Gotong
royong
|
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏