LK 06. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual
LK 06. Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual
Petunjuk Kegiatan
1. Bekerjasamalah dalam kelompok dan
lakukanlah curah pendapat secara sopan dan empati mengenai kasus perkembangan
moral dan kecerdasan spiritual peserta didik yang terjadi di kelas peserta
diklat. Pastikan kasus tersebut termasuk dalam lingkup kajian yang dibahas.
2. Pilih satu kasus melalui
musyawarah, identifikasi masalahnya secara cermat, diskusikan dalam kelompok
secara sungguh-sungguh dan usulkan alternaif solusi kreatif dan tepat untuk
itu, dan presentasikan hasil kegiatan secara percaya diri dan kreatif.
Kasus
Bu ipit
sedang merancang program dan pembelajaran yang dapat menfasilitasi peserta didiknya yang memiliki kendala dalam
aspek spritual. Informasi yang berhasil di kumpulkan dari hasil pengamatan dan
sumber lainya bahwa anak didiknya suka mengambil yang bukan miliknya ( mencuri
uang temannya). Dari informasi yang dikumpulkan dan hasil pengamatan anak ini
kurang perhatian dari orang tuany, dan sering tidak diberi uang jajan oleh
orang tuanya.
Jawab
Berikut beberapa hal yang dapat
dilakukan oleh bu ifit adalah :
a. saat perencanaan
1. mendalami konsep dan cara
mengembangkan aspek dan berkunsultasi serta menyampaikan rencana konsep kita kepada kepala
sekolah, sejawat dan orang tua peserta didik untuk mendapatkan dukungan
2. mengumpulkan informasi yang relevan berupa
wawancara yang terkait dengan prilakunya.
3. mengulkan informasi dari orang
tua tentang hal yang terkait dengan aspek yang sedang dikembangkan, misalnya
kebiasaan kelakuan peseta didik dirumah.
b. saat pembelajaran,
pesta didik yang memiliki kendala diberi perhatian oleh guru lebih intensif dan
diberi pelajaran tentang hukuman dibidang agama bagi manusia yang melakukan kejahatan nanti di ahirat
tempatnya neraka jahanam.
c. diluar pembelajaran
1. guru menanyai peserta didik
dengan lemah lembut tentang prilakunya dan mengembangkan perasaan bersalah dan
rasa malu sejenis evaluasi diri yang mengakui kesalahannya.
2. memberi contoh atau menjadi
model prilaku yang diinginkan muncul dari anak karna cara ini yang paling
efektif untuk membentuk moral anak.
3. latihan dan pembiasaan dalam membentuk
prilaku dan moral anak.
d. bekerjasama dengan orang tua,
agar meminta seseorang dilingkungan rumah ( keluarga atau tetangga ) untuk
memperhatikan prilaku peserta didik.
Identifikasi masalah
ReplyDelete