LAPORAN ON THE JOB LEARNING PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN
LAPORAN
ON THE JOB LEARNING
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN

NAMA
GURU : IRAWATI, S. Pd
MATA
PELAJARAN/PAKET KEAHLIAN : GURU KELAS TINGGI
NIP : 1983041....
UNIT
KERJA : SDN 012 NAUMBAI
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT
JENDERAL GURU DAN TENAGA PENDIDIKAN
2017
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B. Tujuan
C. Manfaat
BAB II ON SERVICE LEARNING
A. Tempat
dan Waktu Pelaksanaan
B. Gambaran
Umum Pelaksanaan Kegiatan
C. Produk
yang Dihasilkan
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN
KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum,
Wr.Wb.
Dengan
mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat
dan karunianya, sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan tugas mandiri On The Job Learning pada program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Selanjutnya, sholawat beriring salam
untuk Baginda Rasulullah SAW, yang telah membawa kita dari zaman kebodohan ke
zaman yang penuh ilmu pengetahuan seperti saat ini.
Laporan
tugas mandiri ini disusun untuk memenuhi tugas dari program pendidikan dan
pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dengan model tatap
muka In-On-In. Isi laporan ini adalah gambaran mengenai aktivitas dan tagihan
yang berupa lembar kerja yang diselesaikan secara mandiri dan berkomunikasi
dengan peserta diklat lain dan fasilitator.
Program
pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini
sangat membantu penulis untuk memahami kompetensi pedagogik dan meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan khususnya kompetensi dalam bidang Bahasa Indonesia
dan TIK.
Dalam
menyelesaikan tugas mandiri ini, tidak terlepas dari bantuan banyak pihak yang
telah memberikan saran dan dukungan kepada penulis. Untuk itu penulis
mengucapkan terimakasih kepada :
1. Fasilitator Diklat yaitu Ibu Desy Angreini, S.Pd yang telah memberikan dukungan dan pencerahan
yang begitu besar.
2. Teman
sejawat (peserta diklat) yang telah memberikan banyak masukan.
3. Semua
pihak yang turut membantu dalam penyusunan laporan ini
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran
dan kritik yang konstruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan
ini.
Naumbai,
Oktober 2017
IRAWATI,
S. Pd
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Peningkatan mutu
pendidikan akan berhasil dengan baik apabila ditunjang oleh mutu guru yang baik.
Upaya yang perlu dilakukan oleh para pendidik untuk menjadikan dirinya sebagai
pendidik yang profesional dan bermutu adalah selalu meningkatkan kompetensinya,
baik kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, maupun sosial.
Peningkatan kompetensi
guru terkait dengan profesionalismenya harus dilakukan secara berkelanjutan.
Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009
tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas No. 35
Tahun 2010 tentang Petunjuk teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
untuk kenaikan karir dan kepangkatannya.
Program pendidikan dan
pelatihan (Diklat) merupakan bagian penting dari pengembangan profesi pendidik
dan tenaga kependidikan. Pelaksanaan Diklat juga tidak lepas dari tujuan untuk
meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata
pelajaran/ tugas yang diampunya.
Kegiatan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan di Gugus Dahlia ini adalah model tatap muka In-On-In.
Tahap awal In Service Learning 1 yaitu mengkaji materi dalam kelompok yang
dipandu oleh fasilitator. Dilanjutkan dengan On The Job Learning (OJL).
B.
Tujuan
Tujuan laporan On The Job Learning ini disusun adalah
untuk memenuhi tugas Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Setelah mengkaji
dan memahami materi Kompetensi Pedagogik
dan Profesional pada Kelompok Kompetensi A (KK A) dan Kelompok Kompetensi I (KK
I) yang dilakukan pada In Service
Learning1 dan dilanjutkan secara mandiri dan berkomunikasi dengan rekan
sejawat dalam kelompok dan dibimbing fasilitator. Seluruh aktivitas dan tagihan
yang berupa lembar kerja tersebut dibuat dalam bentuk laporan dan akan
diserahkan kepada fasilitator pada pertemuan In Service Learning2.
C.
Manfaat
Manfaat kegiatan :
1. dapat
menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik dan
professional sesuai dengan modul yang dipelajarinya (KK A dan KK I)
2. Guru
dapat memberikan layanan pendidikan berkualitas kepada peserta didik dan
memiliki performa sebagai pendidik.
3. Memiliki
kemauan dan semangat untuk terus belajar mengembangkan potensinya.
BAB II
ON SERVICE LEARNING
A.
Tempat
dan Waktu Pelaksanaan
1. Tempat
Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan
On The Job Learning di tempat
masing-masing secara mandiri dan berkelompok.
2. Waktu
Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan
On The Job Learning pada tanggal 11
s.d 22 Oktober 2017
B.
Gambaran
Umum Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan
pembelajaran On The Job Learning ini dilaksanakan
secara mandiri dan berkomunikasi dengan peserta lain dan fasilitator. Ada dua
modul yang harus dipahami dan dipelajari yaitu Modul A dan Modul I sebagai
referensi dalam menyelesaikan tagihan-tagihan (lembar kerja / LK) selama periode On The Job Learning.
C.
Produk
yang Dihasilkan
Ada
25 produk atau Lembar Kerja yang telah dihasilkan selama kegiatan On The Job Learning. Berikut daftar Lembar Kerjanya :
1.
LK 03. Analisis Kasus Perkembangan Fisik
Dan Kesehatan ON 4
2.
LK.04. Analisis Kasus Perkembangan Sosial
dan Kecerdasan Emosi ON 5
3. LK.05.
Analisis Kasus Perkembangan Moral dan Kecerdasan Spiritual , ON 6.
4.
LK.06. Analisis Kasus Perkembangan Sikap
dan Kebiasaan Belajar ON 7
5.
LK.07. Analisis Kasus Kemampuan Awal dan
Kesulitan Belajar TM, ON
6.
LK 1.3 Bentuk baku dan Nonbaku On 4
7. LK
1.4 Ragam Bahasa On 5.
8. LK
2.3Laporan Tahap-tahap Pemerolehan Bahasa Anak On 8
9. LK
2.4 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Anak On 9.
10. LK
3.3 Kelas Kata On 12.
11. LK
3.4 Wacana On 13.
12. LK
4.3 Pertalian Makna On
13. LK
4.4 Perubahan Makna On 17.
14. LK
4.5 Idiom, Pameo, dan Peribahasa On 18
15. LK
5.3 Karangan Deskripsi dan Argumentasi On 21.
16. LK
5.4 Penerapan Materi Keterampilan Berbicara On 22.
17. LK
6.3 Unsur Intrinsik Prosa On 25.
18. LK
6.4 Mengubah Teks Puisi ke dalam Teks Prosa On 26
19. LK
7.1 Penilaian Berbasis Kelas TM, On
20. LK
0.1 Pemahaman Karakteristik Dan Ruang
Lingkup Lima Mata Pelajaran (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
21.
LK 1.5 Pemanfaatan fasilitas drawing
22.
LK 2.1.b Powerpoint Untuk Penanaman
Konsep Luas Segitiga Siku-Siku
23.
Lk 2.3 Mengkonstruksi Persegi Panjang
Menggunakan Geogebra
24.
Lk 0.2 Analisis Keterkaitan KD dalam
satu tema
25.
Lk 0.3 Pembuatan bahan pembelajaran
Tematik
Jawaban
masing-masing lembar kerja terlampir.
BAB III
PENUTUP
Program
Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan sangat
bermanfaat untuk para guru dalam meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik.
Menambah pengetahuan dan pemahaman guru tentang kompetensi pedagogik dan professional.
Sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas. Karena guru yang bermutu dapat menghasilkan
peserta didik yang berprestasi.
Laporan
On The Job Learning ini diharapkan
dapat menjadi bahan informasi dan bermanfaat bagi peserta diklat dan para
pembaca.
Akhir
kata, tak ada gading yang tak retak, tak ada karya yang sempurna. Penulis meminta saran dan kritik yang konstruktif demi
perbaikan penyusunan laporan di masa depan. Terima kasih.
LAMPIRAN :
1. Jurnal
kegiatan
2. Lembar
kerja (LK)
3. Dokumen
kegiatan (foto)
Bu boleh minta jawaban LK modul I ?!
ReplyDeleteMohon bantuannya 🙏😭
Ini no sya 081224398225
ReplyDeleteIni no sya 081224398225
ReplyDeleteAda contoh modul untuk TK g bun??
ReplyDeletebu mohon bantuannya untuk jawaban LK di modul KK A.
ReplyDeletetrimakasih.