STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) SD
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
MATA PELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD)
A. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD/MI
1. Menyebutkan,
menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam al-qur’an, mulai
surat Al-Fatihah sampai surat Al-Alaq.
2. Mengenal
dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada
qadha dan qadar.
3. Berprilaku
terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela.
4. Mengenal
dan melaksanakan rukun islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta
mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji.
5. Menceritakan
kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan
kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi.
B. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD/MI
1. Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan.
2. Memahami
dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
3. Memahami
kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah.
4. Memahami
hidup tertib dan gotong royong.
5. Menampilkan
sikap cinta lingkungan dan demokratis.
6. Menampilkan
prilaku jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan
sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
7. Memahami
system pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat.
8. Memahami
makna keutuhan NKRI dengan kepatuhan terhadap undang-undang, peraturan,
kebiasaan, adat istiadat, dan menghargai keputusan bersama.
9. Memahami
dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa.
10. Memahami
hubungan Indonesia dengan Negara tetangga dan politik luar negeri.
C. BAHASA INDONESIA SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk perintah,
penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa
dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita,
drama, pantun, dan cerita rakyat.
2.
Berbicara
Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa,
percakapan sederhana, wawancara, percekapan telepon, diskusi, pidato, deskripsi
peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan
hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak
berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.
3.
Membaca
Menggunakan berbagai jenis membaca untuk
memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk
anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama.
4.
Menulis
Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, paraphrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.
D. MATEMATIKA SD/MI
1. Memahami
konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
2. Memahami
bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsure-unsur dan sifat-sifatnya, serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
3. Memahami
konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu,
kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari.
4. Memahami
konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
5. Memahami
konsep pengumpulan data, penyajian data dengan table, gambar dan grafik
(diagram), mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya
dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari.
6. Memiliki
sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan.
7. Memiliki
kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif.
E. ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
1. Melakukan
pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara
lisan dan tertulis.
2. Memahami
penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia,
upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
3. Memahami
bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan
perubahan pada makhluk hidup.
4. Memahami
beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan
kegunaannya.
5. Memahami
berbagai bentuk energy, perubahan dan manfaatnya.
6. Memahami
matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan
hubungan pristiwa alam dengan kegiatan manusia.
F. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SD/MI
1. Memahami
identitas diri dan keluarga,serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam
kemajemukan keluarga.
2. Mendeskripsikan
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta
kerjasama di antara keduanya.
3. Memahami
sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten/kota, dan provinsi.
4. Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota, dan provinsi.
5. Menghargai
berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia.
6. Menghargai
peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia.
7. Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial Negara di Asia Tenggara serta
benua-benua.
8. Mengenal
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan Negara tetangga, serta
dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam.
9. Memahami
peranan Indonesia di era global.
G. SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SD/MI
Seni Rupa
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar
ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan keartistikasan karya seni rupa murni melalui pembuatan
relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias
melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia, dan kehidupannya
serta motif hias dengan teknik batik.
4. Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui
gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas.
5. Mengapresiasi
dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa Nusantara melalui pembuatan benda
kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat.
Seni
Musik
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni music dengan memperhatikan dinamika melalui
berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat music sederhana daerah
setempat.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni music dengan ansambel sejenis dan gabungan
terhadap berbagai music/lagu wajib, daerah dan nusantara.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni music dengan menyanyikan lagu wajib, daerah, dan
nusantara dengan memainkan alat music sederhana daerah setempat.
Seni
Tari
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan symbol dan keunikan
gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat.
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan symbol dan keunikan
gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara.
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan music Nusantara.
Keterampilan
1. Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruktif
2. Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan
macramรฉ.
3. Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan.
4. Mengapresiasi
dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan.
H. Pendidikan Jasmani, olahraga dan
Kesehatan SD/MI
1. Mempraktekkan
gerak dasar tari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai
dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain.
2. Mempraktekkan
gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ) dan aerobic.
3. Mempraktekkan
gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam
lantai.
4. Mempraktekkan
gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
5. Mempraktekkan
latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot,
kelenturan serta koodinasi otot.
6. Mempraktekkan
berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti
perkemahan, piknik, dan lain-lain.
7. Memahami
budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan,
mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta
menghindarkan diri dari narkoba.
I. BAHASA INGGRIS SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita
sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar.
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan
informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar.
3.
Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam
instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar
sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar.
4.
Menulis
Menulis kata, ungkapan, dan teks fungional pendek sangat
sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan ๐๐๐