prota SBK SD Kelas 6
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN :
20 /20
SEKOLAH : SDN 012 NAUMBAI
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK )
KELAS : VI
SEMESTER : 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
||
Seni Rupa
|
|
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah
lain
|
|
|
1.2
|
Menjelaskan cara
membatik
|
|
|
||
1.3
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
|
|
|
||
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Membatik dengan
teknik sederhana
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di
sekitar sekolah
|
|
|
||
2.3
|
Merancang boneka
|
|
|
||
2.4
|
Membuat boneka
berdasarkan rancangan
|
|
|
||
Seni Musik
|
|
|
|||
3.
|
Mengapresiasi seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara
|
|
|
||
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni musik
|
4.1
|
Memainkan alat
musik ritmis dan melodis
|
|
|
4.2
|
Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana
|
|
|
||
Seni Tari
|
|
|
|||
5.
|
Mengapresiasi karya
seni tari
|
5.1
|
Menjelaskan makna pola lantai pada tarian
|
|
|
5.2
|
Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat
|
|
|
||
5.3
|
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat
|
|
|
||
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai
secara perorangan dan berkelompok
|
|
|
6.2
|
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara
perorangan dan berkelompok
|
|
|
||
Keterampilan
|
|
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi karya
kerajinan
|
7.1
|
Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya
kerajinan anyaman
|
|
|
7.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman
|
|
|
||
8.
|
Membuat karya
kerajinan
|
8.1
|
Membuat kerajinan
anyaman
|
|
|
8.2
|
Merancang benda pakai dari bahan anyaman
|
|
|
||
8.3
|
Membuat benda pakai dari bahan anyaman
|
|
|
||
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD
Negeri 012 Naumbai
KAMARUDDIN
HASAN, S. Pd NIP.
|
|
Naumbai, Juli
20
GURU KELAS VI
IRAWATI,
S.Pd
NIP
|
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN : 20
/20
SEKOLAH :
SDN 012 NAUMBAI
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN
KETERAMPILAN (SBK )
KELAS : VI
SEMESTER : 2 (genap)
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
||
Seni Rupa
|
|
|
|||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah
lain
|
|
|
9.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain
|
|
|
||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Mengekspresikan
diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar
|
|
|
10.2
|
Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas
|
|
|
||
10.3
|
Menata karya seni
rupa yang dibuat untuk pameran kelas
|
|
|
||
Seni Musik
|
|
|
|||
11.
|
Mengapresiasi karya
seni musik
|
11.1
|
Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara
|
|
|
11.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara
|
|
|
||
12.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni musik
|
12.1
|
Memainkan alat
musik ritmis dan melodis
|
|
|
12.2
|
Menyiapkan pertunjukan
lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana
|
|
|
||
12.3
|
Mementaskan pertunjukan nyanyian
lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana
|
|
|
||
Seni Tari
|
|
|
|||
13.
|
Mengapresiasi karya
seni tari
|
13.1
|
Membandingkan pola
lantai gerak tari Nusantara
|
|
|
13.2
|
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan
|
|
|
||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
14.1
|
Memeragakan tari
Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok
|
|
|
14.2
|
Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah
|
|
|
||
14.3
|
Menggelar
pertunjukan tari Nusantara di sekolah
|
|
|
||
Keterampilan
|
|
|
|
||
15.
|
Mengapresiasi karya
kerajinan
|
15.1
|
Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya
kerajinan benda mainan beroda
|
|
|
15.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda
|
|
|
||
16
|
Membuat benda mainan beroda
|
16.1
|
Merancang benda mainan beroda
|
|
|
16.2
|
Membuat benda mainan beroda
|
|
|
||
Jumlah
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SD
Negeri 012 Naumbai
KAMARUDDIN
HASAN, S. Pd NIP.
|
|
Naumbai, Juli
20
GURU KELAS VI
IRAWATI,
S.Pd
NIP.
|
Comments
Post a Comment
Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan 🙏🙏🙏