prota SBK SD Kelas 6





PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN       :  20   /20 

SEKOLAH                             : SDN 012 NAUMBAI

MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK )
KELAS                                   : VI
SEMESTER                            : 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Alokasi
Waktu
Keterangan
Seni Rupa


1.
Mengapresiasi  karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 


1.2
Menjelaskan cara membatik


1.3
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain



2.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1
Membatik dengan teknik sederhana


2.2
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema suasana di sekitar sekolah


2.3
Merancang boneka


2.4
Membuat boneka berdasarkan rancangan



Seni Musik


3.
Mengapresiasi  seni musik
3.1
Mengidentifikasi berbagai ragam musik daerah Nusantara


3.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam musik daerah Nusantara



4.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
4.1
Memainkan alat musik ritmis dan melodis


4.2
Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan iringan sederhana



Seni Tari


5.

Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Menjelaskan makna pola lantai pada tarian


5.2
Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat


5.3
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara daerah setempat



6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1


Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok


6.2
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat dengan pola lantai secara perorangan dan berkelompok



Keterampilan



7.
Mengapresiasi karya kerajinan
7.1

Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan anyaman


7.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan anyaman



8.
Membuat karya kerajinan
8.1
Membuat kerajinan anyaman


8.2
Merancang benda pakai dari bahan anyaman


8.3
Membuat benda pakai dari bahan anyaman



Jumlah



              

Mengetahui,
Kepala SD Negeri 012 Naumbai




KAMARUDDIN HASAN, S. Pd NIP.


Naumbai,   Juli  20
GURU KELAS VI




IRAWATI, S.Pd
NIP
                       




                                                         
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN       : 20   /20

SEKOLAH                             : SDN 012 NAUMBAI
MATA PELAJARAN                        : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK )
KELAS                                   : VI
SEMESTER                            : 2 (genap)
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Alokasi
Waktu
Keterangan
Seni Rupa


9.
Mengapresiasi  karya seni rupa
9.1
Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 


9.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain



10.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
10.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi suasana alam sekitar


10.2
Menyiapkan karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas


10.3
Menata karya seni rupa yang dibuat untuk pameran kelas



Seni Musik


11.
Mengapresiasi karya seni musik
11.1
Membandingkan berbagai lagu dan musik Nusantara


11.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai lagu dan musik Nusantara



12.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
12.1
Memainkan alat musik ritmis dan melodis


12.2
Menyiapkan  pertunjukan  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana


12.3
Mementaskan pertunjukan nyanyian  lagu daerah dan lagu Nusantara dengan iringan musik sederhana



Seni Tari


13.

Mengapresiasi karya seni tari
13.1
Membandingkan pola lantai gerak tari Nusantara


13.2
Menganalisis pola lantai gerak tari Nusantara berdasarkan pengamatan



14.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1
Memeragakan tari Nusantara dengan pola lantai secara berkelompok


14.2
Menyiapkan pertunjukan tari Nusantara di sekolah


14.3
Menggelar pertunjukan tari Nusantara di sekolah



Keterampilan



15.
Mengapresiasi karya kerajinan
15.1

Mendeskripsikan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan benda mainan beroda


15.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan benda mainan beroda



16
Membuat  benda mainan beroda
16.1
Merancang benda mainan beroda


16.2
Membuat benda mainan beroda



Jumlah



                                                                                                                       


Mengetahui,
Kepala SD Negeri 012 Naumbai




KAMARUDDIN HASAN, S. Pd NIP.


Naumbai,   Juli  20
GURU KELAS VI




IRAWATI, S.Pd
NIP.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik