Langkah-langkah Guru dalam Pembelajaran Tematik Integratif


Langkah-langkah guru yang akan membelajarkan materi dengan menggunakan pendekatan Tematik Integratif (TI) adalah sebagai berikut :
1.   Memilih/menetapkan Tema

Daftar tema yang terdapat dalam dokumen Kurikulum 2013, bukanlah urutan yang harus dibelajarkan guru. Guru dapat melakukan pemilihan tema yang akan dibelajarkan terlebih dahulu. Sejatinya penetapan tema haruslah disesuaikan dengan kondisi daerah, sekolah, peserta didik, dan guru di wilayahnya.
Di bawah ini adalah Tema untuk peserta didik SD kelas IV dan V
semester
Kelas IV
Kelas V
I
1.    Indahnya Kebersamaan
2.    Selalu Berhemat Energi
3.    Peduli Terhadap Lingkungan
4.    Berbagai Pekerjaan
5.    Pahlawanku
1.   Benda-benda di Linkungan Sekitar
2.    Peristiwa Dalam Kehidupan
3.    Kerukunan Dalam Bermasyarakat
4.    Sehat Itu Penting
5.    Bangga Sebagai Bangsa Indonesia

II
6. Indahnya Negeriku
7. Cita-citaku
8. Tempat Tinggalku
9. Makanan Sehat dan Bergizi
6.    Organ Tubuh Manusia dan Hewan
7.    Sejarah Peradaban Indonesia
8.    Ekosistem
9.    Lingkungan Sahabat Kita

2.   Melakukan Analisis SKL, KI, KD, membuat Indikator

Langkah kedua ini dilakukan dengan cara guru harus membaca semua SKL, KI, KD dari semua mata pelajaran. Meskipun Indikator sudah tersedia dalam dokumen K-13, guru bisa juga menambahkan Indikatornya dengan mengikuti kriteria pembuatan Indikator.

3.   Melakukan pemetaan KD, Indikator dengan Tema

Guru melakukan kegiatan pemetaan kompetensi Dasar dan Indikator dikaitkan dengan Tema yang tersedia yang dimasukkan ke dalam format pemetaan agar lebih memudahkan proses penyajian pembelajaran, indicator mana saja yang dapat disajikan secara terpadu dengan cara memberikan cek (√)

4.   Membuat Jaringan Kompetensi Dasar

Setelah dilakukan pemetaan KD, Indikator dengan tema dalam satu tahun, maka dilanjutkan dengan membuat jaringan KD dan Indikator dengan cara menurunkan hasil cek dari pemetaan ke dalam format jaringan KD dan Indikator.

5.   Menyusun Silabus Tematik Terpadu

Langkah guru selanjutnya adalah menyusun silabus tematik untuk memudahkan guru melihat seluruh desain pembelajaran untuk setiap Tema sampai tuntas tersajikan di dalam proses pembelajaran.
Adapun komponen-komponen yang terdapat pada Silabus Tematik Integratif yakni:
a.    Kompetensi Dasar (di ambil dari jaringan KD yang sudah terpilih)
b.    Indikator( dibuat oleh guru, juga diturunkan dari jaringan)
c.    Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian (memuat perencanaan penyajian untuk beberapa minggu Tema tersebut akan dibelajarkan, dan penilaian proses serta penilaian hasil yang wajib memuat penilaian dari aspek keterampilan, sikap, dan pengetahuan selama proses pembelajaran berlangsung)
d.    Alokasi waktu (ditulis secara utuh komulatif satu minggu berapa jam pertemuan, misalnya 30Jp x 35 menit) x 4 minggu)
e.    Sumber dan Media

6.   Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Integratif(TI)

Menyusun RPP merupakan langkah terakhir dari sebuah perencanaan. Di dalam RPP TI tergambar proses penyajian secara utuh dengan memuat berbagai konsep mata pelajaran yang disatukan dalam Tema.
Adapun komponen-komponen yang termuat dalam RPP TI , meliputi :
ΓΌ    Identitas :
Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Tema
Pertemuan ke-
Alokasi Waktu
ΓΌ    A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Indikator
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran (meliputi berbagai mata pelajaran)
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
G. Langkah Pembelajaran
H. Sumber dan Media
I. Penilaian (meliputi penilaian proses dan hasil, instrument dan rubric      dilampirkan)
                       Sumber : Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Comments

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya. Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan πŸ™πŸ™πŸ™

Popular posts from this blog

CARA MENENTUKAN TOPIK PERCAKAPAN (DIALOG)

Materi IPA SD Kelas 5 Semester 2 : Jenis-Jenis Tanah

Materi IPA Kelas 6 SD Semester 2 : Energi Listrik